Senin, 13 Agustus 2012

The Lessons by Kingsley Ward


Oleh Hernowo


Manfaatkan waktu untuk meningkatkan diri
melalui tulisan orang lain,  
agar kita memahami untuk apa orang lain bekerja keras


Saya membaca kata-kata menarik di atas di sebuah buku yang berbentuk surat. Dalam bahasa aslinya, buku itu berjudul Letters of a Businessman to His Son. Oleh penerbit edisi Indonesia, buku tersebut dijuduli, The Lessons: Surat-Surat Seorang Jutawan kepada Putranya tentang Hidup dan Bisnis. Penulis surat-surat tersebut bernama G. Kingsley Ward. Ward adalah seorang pengusaha yang memiliki tujuh perusahaan sukses.

Pada tahun 1985, istri Ward menyarankan agar surat-surat pribadi Ward kepada anaknya diterbitkan. Ward ragu-ragu pada awalnya, tetapi akhirnya setuju. “Toh tak akan ada yang membacanya,” pikir Ward. Ternyata, Ward salah besar. Bukunya justru menjadi fenomenal. Terjual lebih dari satu juta eksemplar dan telah diterjemahkan ke dalam 8 bahasa di 12 negara.

Lantas, kata-kata siapa yang saya kutip untuk membuka tulisan ini? Ward-kah? Bukan. Saya akan memberitahu Anda di paragraf sebelum paragraf  terakhir nanti. Yang menarik, buku ini diberi pengantar oleh Bob Proctor. Siapa dia? Saya tidak tahu. Saya terkesan dengan pengantar yang dibuatnya. Proctor, antara lain, menulis, baris-baris berikut ini:

Selama seperempat abad terakhir, saya memiliki “hubungan cinta” yang penuh makna dengan buku—buku-buku hebat; buku-buku yang membuat saya berpikir keras mengenai apa yang saya lakukan dalam hidup—mengenai arah yang hendak saya tuju.

Setelah bertahun-tahun, tanpa ragu, saya dapat berkata bahwa buku turut meningkatkan setiap dimensi kehidupan saya.

Henry Drummond pernah menulis bahwa orang yang sudah tiada selama seribu tahun lebih, dapat memiliki pengaruh yang lebih besar daripada orang yang hidup sekarang ini. Drummond tepat sekali—orang-orang semacam itu dapat, tentu saja, melakukannya melalui tulisan mereka....

Saya mendapat kehormatan untuk menulis kata pengantar untuk seorang pria hebat dan teman sejati, Kingsley Ward.

Kingsley Ward adalah individu yang sangat memsona, jadi sudah sewajarnya dia menulis buku bagus. Dia menjadi jutawan karena jerih payahnya sendiri, menjabat sebagai ketua satu grup perusahaan, dan secara aktif terlibat dalam beberapa asosiasi di tingkat eksekutif. Dia bisa diibaratkan sebagai PEMENANG besar dalam permainan kehidupan....

Nah, sebagai kesimpulan,  simaklah kata-kata Socrates yang saya rasa sangat tepat:

Manfaatkan waktu untuk meningkatkan diri
Melalui tulisan orang lain,
agar kita memahami untuk apa orang lain bekerja keras.[]


0 komentar:

Posting Komentar